Tuesday, October 31, 2017

Tips Liburan Aman Untuk Solo Traveller Bagi Perempuan

Share & Comment

Tips Liburan Aman Untuk Solo Traveller Bagi Perempuan
Tips Liburan Aman Untuk Solo Traveller Bagi Perempuan - Sumber Pixabay


Anda traveller dan tertarik untuk melakukan solo traveling? Tak perlu takut ataupun khawatir. Apalagi moda transportasi penerbangan semakin berkembang dan telah menjangkau berbagai belahan dunia, membuat solo traveller semakin mudah untuk berpindah tempat. Tetapi jika Anda pemula dan baru berniat untuk melakukan solo traveling, simak beberapa tips liburan aman untuk solo traveller berikut ini.
 
Tips liburan pertama dan yang paling penting, Anda harus menyadari dan mengakui kalau bagaimanapun juga solo traveller rentan dijadikan target empuk kejahatan. Apalagi kalau Anda perempuan. Jadi, jika Anda berencana melakukan solo traveling, tak ada salahnya melakukan riset mengenai kondisi keamanan kota tujuan wisata. Tak ada salahnya juga Anda cari tahu tipe scam apa yang sering terjadi di daerah tersebut, dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Khusus untuk solo traveller perempuan, ketahuilah jika Anda juga rentan menjadi objek kejahatan seksual. Karenanya, wajib bagi solo traveller perempuan untuk selalu waspada, tapi jangan sampai bersikap berlebihan. Gunakan selalu common sense dan percayai insting Anda, dan semua akan baik-baik saja. Hindari mengunjungi tempat-tempat yang terlalu sepi, dan jangan mudah percaya pada orang yang baru dikenal. Jika bertemu dengan perempuan solo traveller lainnya, bersahabatlah dengan mereka. Biasanya sesama solo traveller, apalagi sesama perempuan, ada keinginan untuk saling menjaga dan saling melindungi.

Tips liburan aman untuk solo traveller lainnya adalah perhatikan penampilan Anda. Jangan sampai terlalu bersikap seperti turis karena turis rentan dijadikan sasaran scammer. Agar tak terlihat canggung dan kaku serta terlihat mencolok, tak ada salahnya melakukan riset terlebih dulu mengenai budaya lokal dari tempat yang akan Anda kunjungi. Itu juga berlaku untuk solo traveller perempuan, karena perempuan biasanya paling rentan mengalami masalah salah kostum. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membekali diri dengan scarf multifungsi maupun kain lebar (seperti kain pantai) yang dapat digunakan untuk menyamarkan pakaian yang dirasa terlalu terbuka.

Tips liburan lainnya, bijaklah saat membawa barang bawaan. Untuk perempuan, sekalipun perempuan (biasanya) lebih sering ganti baju dibanding pria, bukan berarti harus membawa barang bawaan hingga beberapa koper. Apalagi kalau liburan sendirian. Selain menyulitkan mobilitas, membawa barang secara berlebihan juga dapat membuat traveller perempuan lebih rentan diincar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selalu waspada menjadi kunci lain tips liburan aman untuk solo traveller. Hindari menggunakan earphone yang menutupi kedua telinga saat berada di tempat umum. Jangan sembarangan menerima pemberian orang lain, dan waspadalah terhadap barang bawaan. Usahakan jangan tidur selama berada di perjalanan. Jangan terlalu cepat percaya pada apapun yang ditawarkan oleh penduduk setempat dan jangan mudah percaya dengan orang baru, namun tetap jangan sampai lupa menikmati perjalanan Anda. Jangan sampai sikap terlalu waspada ini malah akan membuat Anda menutup mata dari keindahan yang ada di sekitar Anda. Sekali lagi, gunakan common sense dan insting Anda.

Terakhir, khusus untuk solo traveller perempuan, sebaiknya rencanakan wisata diluar periode tamu bulanan. Pasti repot kalau bepergian jauh saat tengah menghadapi tamu bulanan, apalagi jika Anda kerap mengalami keluhan tertentu pada masa-masa tersebut. Apalagi jika Anda first time traveller yang belum punya pengalaman pergi sendirian, mungkin akan mengalami beberapa kerepotan lainnya. Tetapi jika tidak memungkinkan untuk menghindari wisata saat tamu bulanan tiba, setidaknya dapat membekali diri dengan berbagai obat yang dapat meringankan sakit bulanan. Jika pergi ke daerah yang agak terpencil, bisa berbekal tampon dalam jumlah yang cukup.

Semoga tips liburan ini bermanfaat untuk solo traveller perempuan dan perjalanan Anda selamat, aman, dan nyaman!
Tags: , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

5 komentar:

  1. Duh, ga kebayang saya liburan sendiri :D makasih tipsnya

    ReplyDelete
  2. Belum berani karena ada baby tapiiiii kalo baby udah gede dan suami mengizinkan, kenapa enggak heheh

    ReplyDelete
  3. Aku pernah travelling sendiri ke Indramayu dan Malang. Rada jiper tapi asik juga sih, biasa sama keluarga dan bocah yang tak mau diam. Hihihu

    ReplyDelete
  4. Belum pernah travlling sendirian , tapi info ini akan sangat diperlukan ya teh

    ReplyDelete

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com