Monday, July 24, 2017

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Video Series

Share & Comment



Creators, video series merupakan salah satu bentuk hiburan yang bisa dinikmati di dunia online. Kepopuleran video web series semakin hari memang semakin menanjak apalagi dengan peningkatan teknologi internet. Dan yang lebih penting lagi forma web series ini mempunyai potensi untuk meraih pendapatan ekstra serta memberikan peluang agar bisa jadi lebih terkenal.
Apabila ingin membuat video series, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar video yang dihasilkan bisa lebih bagus dan berkualitas:
 
1. Ide Sederhana Tapi Menarik
Tayangan web series biasanya mempunyai durasi video yang singkat, meski begitu memang ada beberapa video web series yang memiliki durasi di atas 10 menit. Oleh sebab itu, bisa dikatakan jika web series itu memiliki keterbatasan waktu, sehingga untuk membuat web series harus dipilih ide yang sederhana namun menarik. Maksud ide yang sederhana di sini tentunya bukan ide yang dangkal atau seadanya, akan tetapi sederhana dalam jumlah tokoh, atau minimnya efek visual sehingga tidak menambah durasi waktu.
2. Anggaran
Saat membuat web series harus diperhatikan anggarannya, jangan sampai biaya produksi pembuatan web series ini membengkak sehingga lebih dari pemasukan yang akan didapatkan. Apalagi jika masa depan web series yang dibuat belum diketahui pasti apakah bisa mendatangkan keuntungan ataukah tidak. Untuk mendapatkan anggaran pembuatan web series ini bisa juga dengan memanfaatkan crowdfunding atau metode penggalangan dana dari masyarakat.
3. Produksi
Apabila memang anggaran yang dimiliki sangatlah minim, maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan penghematan di sektor produksi. Caranya bisa dengan mengajak pacar, saudara, atau teman untuk menjadi pemeran serta crew dalam pembuatan web series. Atau bisa juga dengan bergabung ke komunitas atau kelompok teater di sekolah, kampus, atau di lingkunga dekat rumah. Siapa tahu mereka juga memiliki ketertarikan untuk menambah portofolio akting dengan menjadi aktor dalam sebuah karya web series.
4. Pemasaran
Hal lain yang harus diperhatikan adalah tentang pemasaran, yang mana jalur sosial media tidak boleh dilupakan dan bahkan harus diutamakan. Setelah membuat web series, jangan hanya diunggah kemudian dibiarkan begitu saja. Akan tetapi langkah terbaik selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jejaring teman yang ada di sosial media agar mereka bisa membantu mempromosikan karya web series yang kita buat. Selain itu, dapat juga dengan membuat sebuah situs, blog atau fanpage yang berisikan tentang informasi web series yang dibuat.
5. Hal-hal Kecil
Saat membuat web series jangan sampai lupa untuk memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin bisa jadi dianggap sesuatu yang remeh padahal sebenarnya penting. Misalkan saja, ketika mengunggah ke youtube, sangatlah penting untuk memilih gambar yang akan dijadikan thumbnail dari masing-masing episode, selain itu penting juga untuk mengatur channel dengan tampilan gambar yang sesuai. Hal lain yang jangan sampai dilupakan ialah mengisi bagian deskripsi serta tag youtube. Pilih judul setiap episode yang bisa menarik pengunjung. Jangan lupa juga untuk membuat playlist di channel yang akan menyatukan keseluruhan episode dalam web series yang sudah dibuat.
6. Terus Belajar
Apabila sudah berhasil membuat video web series akan tetapi belum ada yang menonton lalu apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah terus belajar dan buat lagi web series baru yang lebih menarik serta jangan lupa untuk terus belajar dari pengalaman yang ada.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video series agar hasil tampilan video web series bisa lebih berkualitas dan banyak yang menontonnya.



Tags: , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

0 komentar:

Post a Comment

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com