Monday, December 26, 2016

Tips Membuat Video Series Untuk Pemula

Share & Comment
Tips Membuat Video Series Untuk Pemula
Proses belakang layar pembuatan video series


Creators, video yang dikemas dalam format sinema disebut dengan istilah video series. Saat ini web series menjadi cara popular menyampaikan pesan, berkreasi, iklan, branding, pendidikan, hiburan maupun berita. Siapa pun bisa membuat web series sendiri, asalkan tahu tipsnya. Nah, berikut ini adalah 4 tips jitu membuat video series sendiri.
 
1.    Buat Naskah Sekreatif Mungkin
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan naskah untuk video series. Ambil ide cerita yang menarik, imajinatif dan sekreatif mungkin. Ide yang menarik bisa membuat orang ingin terus menonton dan tidak menjadi monoton. Mencari ide kreatif bisa dari hal-hal yang sederhana yang ada di sekitar kita. Pada saat sedang mencari ide, catat jika ad aide yang muncul pada note di smartphone android-mu atau pada secarik kertas.

2.    Durasi Video Secukupnya
Video web series dibuat dengan durasi yang cukup, sekitar 5 – 15 menit. Jangan membuat video terlalu panjang. Dengan durasi tersebut cukup lumayan untuk menampilkan tayangan. Walaupun waktunya terbilang singkat namun usahakan setiap tampilan padat dan mengandung makna atau pesan yang akan disampaikan.
Jika video terlalu panjang, apalagi dikemas dalam tempo yang lambat bisa membuat penonton cepat bosan dan menjenuhkan. Jadi, usahakan durasi video tidak terlalu panjang.

Tips Membuat Video Series Untuk Pemula
Proses belakang layar pembuatan video series
3.    Menyiapkan Beberapa Episode
Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengawali membuat video series dengan menyiapkan beberapa episode sebelum memulai meluncurkan video pada akun youtube atau vimeo. Mengapa harus menyiapkan beberapa episode? Hal tersebut tujuannya untuk menghindari jarak yang terlampau lama pada setiap episodenya. Pada saat video pertama sudah di-upload di akun youtube Creator, lihat respon penonton.

4.    Buat Promosi Video Dengan Cara Unik Dan Cerdas
Agar video yang Creator buat ditonton oleh banyak orang, maka setiap postingan harus dibuat promosinya. Ada banyak strategi promosi yang bisa Creator gunakan, salah satunya adalah memanfaatkan media sosial. Namun, terlebih dulu tentukan segment yang akan Creator tuju. Selanjutnya, gunakan pendekatan yang menyenangkan.
Dengan menggunakan media promosi yang tepat, bisa membuat orang mengetahui video yang Creator buat. Dan apabila cara promosinya dibuat semenarik dan kreatif bisa membuat orang penasaran untuk menontonnya.

Tips Membuat Video Series Untuk Pemula
Proses belakang layar pembuatan video series
5.    Pelajari Video Series Orang Yang Sudah Sukses
Menonton video yang sudah dibuat orang bisa menjadi bahan untuk mempelajari cara membuat video series. Selain itu Creator bisa mempelajari bagaimana strategi pemasaran yang mereka gunakan. Di Indonesia, video series yang terkenal dan banyak diapresiasi adalah “Malam Minggu Miko” karya Raditya Dika.
Atau ada juga video series yang produksi dari luar negeri, seperti E=3 karya Ray William Johnson. Khas dari video E=3 adalah gaya kritik sarkasme yang sinis dan menyindir. Sehingga hanya dalam waktu satu minggu video tersebut sudah ditonton hampir mencapai 1 juta.
Selain E=3 dan Malam Minggu Miko, masih banyak video lainnya yang bisa Creator tonton dan pelajari, seperti: Kids React karya Fine Brothers, video absurd karya Smosh dan lain sebagainya.

Tips Membuat Video Series Untuk Pemula
Proses belakang layar pembuatan video series
Ada banyak manfaat yang bisa Creator dapatkan dan rasakan jika membuat web series yaitu menghasilkan karya, mengasah keahlian/skill membuat video dan mendapatkan keuntungan berupa penghasilan. Jika video series yang Creator buat terkenal dan banyak diapresiasi oleh banyak pengguna internet, tidak menutup kemungkinan web Creator ditawari kerja sama menampilkan iklan produknya dan timbal baliknya Creator akan dibayar.
Tags: , , , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

1 komentar:

  1. Makasih banget tipsnya. Sangat membantu. Kebetulan saya mau buat webseries.

    ReplyDelete

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com