Monday, December 19, 2016

Perkembangan Desain Grafis Indonesia

Share & Comment
 Perkembangan Desain Grafis Indonesia

Creator, saat ini desain grafis menjadi salah satu bidang yang diminati. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi berdampak pula pada perkembangan dunia grafis Indonesia. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang membuka program studi desain grafis.

Manfaat Desain Grafis di Kehidupan

Setiap perguruan tinggi hampir semua memiliki mata kuliah yang kemungkinan besar hampir sama antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini mungkin karena desain grafis tidak hanya menghasilkan gambar atau lukisan saja. Namun lebih dari itu desain gradis juga menghasilkan tulisan dan bersinggungan dengan dunia perfilman, advertising, packaging dan lain-lain. Singkat kata hampir semua bidang tidak lepas dari kontribusi desain grafis.

Desain grafis dapat memberikan kontribusi berupa saran dan mampu mengapresiasikan suatu acara atau kegiatan. Misalnya dengan memberikan contoh iklan berupa ilustrasi yang menarik dan menghasilkan suatu rancangan produk yang lebih menarik dan maksimal. Para ahli desain grafis bisa memberikansaran komunikasi dan informasi yang menarik dan jelas, serta mampu memberikan hiburan dan mengeksplorasi keahliannya di bidang desain. 

Semua hal tersebut bisa didapat tidak lepas dari sejarah perkembangan desain grafis itu sendiri. Berikut ini adalah ulasan mengenai perkembangan awal desain grafis.

Sejarah Perkembangan Desain Grafis di Indonesia

Perkembangan desain grafis di Indonesia diawali oleh Jurusan Reklame Dekorasi dan Ilustrasi Grafik (REDIG) pada tahun 1950, tepatnya 15 Januari 1950. Sekolah tersebut bernama Sekolah Toekang Reklame. Lalu pada tahun 1969 bersamaan dengan berubahnya ASRI menjadi STSRI atau Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia, jurusan REDIG dipecah menjadi beberapa jurusan, yaitu: jurusan reklame, seni dekorasi dan seni grafis.

Pada tahun 1972 STSRI menyelenggaran ujian S-1 yang baru pertama kali digelar untuk para BA seni rekalame. Nama jurusan seni reklame diganti menjadi jurusan desain komunikasi, tepatnya pada tahun 1983.

Pada tahun 1984 bersamaaan dengan perubahan STSRI menjadi ISI (Institute Seni Indonesia) yogjakarta melalui fusi dengan AMI atau Akademi Musik Indonesia dan Akademik Seni Tari Indonesia (ASTI) jurusan desain komunikasi dirubah menjadi program studi desain komunikasi visual dan masih digunakan sampai saat ini.

Pada tahun 1967 dirintis studio grafis jurusan Seni Rupa di FTSP ITB. Lalu pada tahun 1973 jurusan tersebut dipecah menjadi studio seni grafis dan desain grafis. Pada tahun 1984 studio desain grafis ITB berdiri sendiri dan pada tahun 1994, studio desain grafis berubah nama menjadi desain gravis visual (DKV) yang berada di bawah naungan departemen desain. Kemudian pada tahun 2006 program studi DKV menjadi setingkat dengan jurusan dan berada di bawah fakultas.

Pendidikan Tinggi Desain Grafis mulai berdiri di beberapa kampus di Indonesia, yaitu:
·         Pada tahun 1977 di Institute Kesenian Jakarta (IKJ)
·         Pada tahun 1979 di Universitas TRISAKTI
·         Pada tahun 1981 di UNS
·         Pada tahun 1981 di UDAYANA 

Pada era 1990-an ditandai dengan berdiri DKV di STISI Bandung, lalu diikuti oleh UPH pada tahun 1994. Sekarang sudah ada sekitar 70 pendidikan tinggi desain grafis Indonesia yang tersebar di beberapa kota, mulai dari Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Palembang, Yogjakarta, Solo, Malang, Salatiga, Makasar, Bali dan dibeberapa kota lainnya. Jika dulu seseorang memiliki cita-cita menjadi dokter, insinyur, guru dsb, sekarang di zaman teknologi modern banyak orang yang ingin menjadi seorang desainer. 

Creators, begitulah sekelumit perkembangan desain grafis di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

0 komentar:

Post a Comment

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com