Tuesday, March 10, 2015

Segitiga Eksposur (Exposure Triangle)

Share & Comment
Exposure triangle
Exposure triangle - credit


Hai Creators udah pada kenal dengan exposure triangle? Buat yang belum, Epic mau mengajak Creators untuk mengenal exposure triangle.

Exposure Triangle yang kemudian disingkat menjadi ET. ET terdiri dari tiga elemen, yang mana setiap halnya akan mempengaruhi hasil foto yang diciptakan. Adapun elemen – elemen tersebut adalah :
  1. ISOISO mewakili kesensitifan sensor kamera digital terhadap cahaya, dalam kamera film (emulsi dalam foto film) disebut juga sebagai ASA.
  2. AppertureApperture mewakili bukaan pada lensa ketika pengambilan gambar.
  3. Shutter SpeedShutter Speed mewakili waktu yang dibutuhkan untuk membuka shutter.

Nah, Creators ada satu analogi nih yang umumnya dipakai untuk lebih mudah mengingat hubungan dari ketiga elemen eksposur tersebut dengan menggunakan analogi Jendela.

Bayangakanlah ….

Segitiga eksposur dengan analogi jendela
Segitiga eksposur dengan analogi jendela - sumber


Kalau Creators sedang liburan di pulau tropis dan jendela di kamar Creators berhadapan dengan posisi matahari.

Kamera Creators itu sama seperti jendela di kamar Creators bisa terbuka dan tertutup. Apperture dianalogikan sebagai ukuran jendela, jadi makin besar ukuran jendela tersebut maka semakin banyak juga cahaya yang dapat masuk, sehingga kamar Creators menjadi lebih terang.

Nah sedangkan shutter speed bisa dianalogikan sebagai penutup jendelanya. Semakin lama Creators membuka jendelanya maka semakin banyak juga cahaya yang masuk. Dan kalau sebentar bukanya terus ditutup lagi yah sedikit cahaya yang masuknya.

Karena tadi kamar Creators berhadapan langsung dengan posisi matahari pasti silau banget kan, apalagi Creators lagi liburan ke pulau tropis masa iya tidak bawa kacamata hitam ya kan? Nah ISO bisa dianalogikan sebagai kesensitifan mata Creators terhadap cahaya. Kalau sedang pakai kacamata hitam yah jadinya tidak terlalu sensitif, tapi begitu kacamatanya dibuka langsung … silau.


Mengusai seni mengatur eksposure butuh latihan. Dan setiap fotografer pasti akan selalu menyetting kameranya untuk setiap kondisi cahaya dan bereksperimen. Dan dari setiap perubahan elemen dari segitiga eksposur juga memiliki efek tertentu yang nanti di artikel berikutnya kita bahas satu per satu yah Creators. Keep Practice
Tags: , , , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

1 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan orang-orang yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, Kredit Mobil, Rumah Kredit, Perusahaan Loan (dll)

    atau Anda ingin melunasi utang buruk atau tagihan, atau Anda telah scammed sebelumnya oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Staley
    Guyer Keuangan yang memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah
    2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui perusahaan kami e -mail: staleyguyer.loan@outlook.com

    ReplyDelete

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com