Tuesday, February 17, 2015

Dasar-dasar Penggunaan Kamera Bagian 1

Share & Comment
Dasar-dasar Penggunaan Kamera

Dasar-dasar Penggunaan Kamera
Merekam gambar

Halo Creators, Epic mau lanjutin seri video blog nih. Setelah sebelumnya Epic bahas tentang Jenis-jenis Video Blog dan MenentukanKamera untuk Video Blog, sekarang kita ngobrolin tentang Dasar-dasar Penggunaan Kamera.

Penggunaan kamera sangat berpengaruh pada hasil akhir video Creators. Walaupun tujuannya untuk membuat video blog, tapi Creators harus memahami dasar-dasar penggunaan kamera video untuk hasil sesuai yang diinginkan.

Cara Memegang
Pastinya Creators tidak ingin membuat video dengan gambar bergoyang. Hal ini cukup mengganggu kenyamanan penonton. Kalau Creators menggunakan kamera ponsel, kejadian ini sering terjadi, karena kebanyakan kamera ponsel hanya dipegang oleh satu tangan.

Memegang kamera dengan dua tangan
Memegang kamera dengan dua tangan - sumber

Untuk mengurangi ketidakstabilan, Creators harus memegang kamera ponsel dengan dua tangan dan usahakan tidak bergerak atau berpindah tempat. Jika Creators membuat video menggunakan kamera video, sebaiknya manfaatkanlah bantuan tripod.

Menggunakan tripod kamera
Menggunakan tripod kamera - sumber

Kestabilan tripod jauh lebih baik daripada Creators memegang dengan tangan sendiri. Disamping itu, Creators bisa bergerak atau memindahkan angle dengan bebas, selama tetap pelan dan lembut. Jika Creators harus memegang dengan tangan, seperti halnya kamera ponsel, gunakan kedua tangan untuk mendapatkan kestabilan.

Pengaturan Fokus
Ada dua jenis fokus, yaitu otomatis dan manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pengaturan fokus otomatis memang memudahkan pekerjaan Creators jika dibandingkan dengan pengaturan manual. Namun ada yang perlu diperhatikan ketika Creators menggunakan pengaturan otomatis. Hindari perubahan pencahayaan, terutama pada lokasi yang rendah cahaya, karena akan membuat kamera kesulitan menangkap fokus atau objek. Kurangi juga jumlah objek lainnya yang dapat menyebabkan perubahan frame seperti mobil atau orang yang melintas dan pergerakan lainnya, karena akan membuat kamera mencari-cari fokus atau tidak fokus pada objek asli Creators. Selain itu, Creators harus menjaga jarak yang tetap atau konstan antara kamera dengan objek.

Pengaturan fokus
Pengaturan fokus - sumber

Sebaliknya dalam pengaturan fokus manual, Creators tidak perlu khawatir dengan bergesernya fokus atau terjadi perubahan fokus secara tiba-tiba. Fokus manual sangat tepat digunakan dalam lokasi yang redup, banyak pergerakan ataupun situasi di mana ada beberapa objek yang memiliki jarak berbeda. Selain itu, dengan fokus manual, Creators dapat memberikan sentuhan artistik di dalam video, meskipun Creators harus selalu mengatur dan memindah-mindahkan fokus dengan tangan sendiri. Namun hasilnya pun aan terlihat lebih profesional jika dibandingkan dengan fokus otomatis.

Di dalam kamera ponsel dan kamera video, biasanya terdapat kedua opsi fokus ini. Meskipun kontrol manual dalam kamera ponsel tidak seluas kamera video. Sedangkan dalam webcam, pengaturan fokus tersedia dengan beberapa opsi yang terbatas.

Pengaturan Zoom
Pada kebanyakan video amatir, zoom terkadang dilakukan pada saat-saat yang tidak tepat. Misalnya di tengah-tengah pengambilan gambar sehingga orang menjadi teralihkan perhatiannya. Untuk hasil yang profesional, sebaiknya Creators menghindari melakukan zooming pada saat sedang mengambil gambar. Zooming yang baik adalah yang dilakukan saat memulai sebuah frame atau me-reframe sebuah pengambilan gambar yang diambil dari kejauhan. Jika Creators harus melakukan zooming untuk memberikan efek dramatis, lakukanlah dengan perlahan, hindari zooming yang tiba-tiba.

Pengaturan zoom
Pengaturan zoom - sumber

Pada kebanyakan kamera, kontrol zoom ditandai dengan huruf W untuk pengambilan gambar lebar dan T untuk pengambilan gambar sempit. Pada kamera ponsel dan kamera video, biasanya tersedia fitur digital zoom. Namun untuk menghasilkan video yang terlihat profesional, hindari penggunaan digital zoom karena menyebabkan penurunan kualitas gambar.

Penyesuaian Exposure
Exposure sangat dipengaruhi dan dapat ditentukan dari tiga hal, yaitu shutter, aperture (iris), dan gain (sensitivitas). Dalam sebuah kamera otomatis, seperti halnya fokus otomatis, Creators tidak perlu repot-repot untuk mengatur tiga hal tersebut. Namun hasil gambarnya akan biasa-biasa saja dan Nampak amatir.

Untuk hasil yang lebih profesional, sekali lagi kontrol manual sangat diperlukan. Saat Creators ingin melakukan penyesuaian exposure secara manual, aturlah kecepatan shutter Creators 1/60 detik. Setelah itu sesuaikan aperture sesuai kebutuhan. Aperture adalah lubang untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera, sementara kecepatan shutter menentukan seberapa lama lubang tersebut terbuka. Kecepatan shutter 1/60 detik adalah kecepatan normal yang setara dengan 30 frame.

Pengaturan exposure
Pengaturan exposure - sumber


Jika Creators membuat adegan action, biasanya kecepatan shutter lebih tinggi, untuk mengurangi adanya motion blur. Sedangkan dalam situasi yang rendah cahaya atau gelap, kecepatan shutter lebih rendah alias pelan dan aperture lebih terbuka lebar serta aturlah gain menjadi sangat rendah atau lebih baik dinonaktifkan. Gain adalah pertambahan sensitivitas pada saat pengambilan gambar. Dalam situasi yang rendah cahaya, gain dapat menyebabkan munculnya gambar bintik-bintik.

Dalam kamera ponsel pada umumnya terdapat keterbatasan pengaturan exposure secara manual. Biasanya hanya terdapat fitur untuk mengatur brightness atau contrast. Creators bisa lebih bebas menyesuaikan exposure jika menggunakan kamera video.

Sumber: Buku “Teknik Cepat Membuat Video Blog”, Jubilee Enterprise
Tags: , , , , , , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

0 komentar:

Post a Comment

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com