Friday, January 30, 2015

Teknologi Digital

Share & Comment
Pasti Creators sudah sering mendengar istilah teknologi digital? Sebenarnya apa sih teknologi digital itu? Artikel Epic kali ini akan membahas perkembangan teknologi digital. Simak ya ^^

Digital dan Analog
Digital dan Analog - Credit

Perkembangan teknologi kamera digital sangat berhubungan erat dengan perkembangan rekaman untuk kebutuhan siaran televisi. Pada tahun 1951, pertama kali rekaman video atau istilah asingnya sih VTR (VTR : Video Tape Recorder) diperkenalkan. VTR menangkap gambar secara langsung dari kamera televisi dan mengubahnya menjadi impuls elektrik (digital) kemudian disimpan ke dalam pita magnetis. 


Sebuah lembaga riset bernama Bing Crosby Laboratories membuat VTR pertama dan pada tahun 1956 teknologi seperti ini disempurnakan menjadi hal yang umum digunakan dalam industry pertelevisian. Baik kamera yang digunakan dalam industri televisi ataupun kamera digital yang menggunakan CCD (Charged Coupled Device) untuk menangkap warna cahaya dan intensitasnya. Apa itu CCD? Yang pasti itu bukan term yang digunakan para gamers untuk memaki gamers lainya, yah creators. Singkatnya sih CCD itu alat konversi digital yang bekerja dengan “menggeser” sinyal yang diterima dalam kurun waktu tertentu.

Pada tahun 1960an NASA merubah teknologinya dari analog ke sinyal digital untuk keperluan pemetaan permukaan bulan. Teknologi komputer juga sudah cukup berkembang pada masa ini. Dan teknologi digital ini juga turut dikembangkan oleh pemerintah yang pada saat itu memanfaatkan teknologi ini dalam satelit mata–mata. Ada beberapa nama juga dalam sektor swasta yang turut mengembangkan teknologi digital ini seperti Texas Instrument dan SONY.

Kodak
Kodak - Credit
Hingga pertengahan tahun 1970an Kodak menciptakan beberapa sensor gambar yang mengubah cahaya menjadi sinyal digital untuk digunakan prosumer ataupun consumer. Sampai diciptakanya sensor megapixel pertama pada tahun 1986 oleh ilmuwan Kodak dengan kemampuan merekam 1.4 juta pixel dan dapat menghasilkan foto dengan kualitas 5x7 inch.

Hingga pada tahun 1987 kodak meluncurkan tujuh produk untuk kepentingan recording, penyimpanan, manipulasi, dan transmisi gambar video. Pada tahun 1987 KODAK juga mengembangkan Photo CD System dan mengajukanya sebagai standar pertama di dunia dalam mendefinisikan warna dalam lingkungan digital. Perkembangan berikutnya KODAK melepas kamera digital professional pertama (DCS) yang diperuntukan bagi para photojournalist. Kamera itu adalah Nikon F-3 yang dipersenjatai Kodak dengan sensor 1.3 mega pixel.

Nikon F-3
Nikon F-3 - Credit

Setelah ini banyak perusahaan lain yang mengembangkan kamera digital untuk level konsumen seperti Apple QuickTake 100 Camera, Kodak DC40, Casio QV – 11, Sony CyberShot, dan lain-lain.

Setelah itu Kodak mulai memasuki kampanye marketing yang agresif untuk mempromosikan DC40 sekaligus mengenalkan ide fotografi digital kepada masyarakat. Kinko dan Microsoft pun berkolaborasi dengan Kodak untuk menciptakan software pembuat gambar digital dan kios yang memungkinkan customer untuk memproduksi CD foto dan foto. Sedangkan IBM berkolaborasi dengan Kodak untuk membuat system pertukaran gambar via internet. HP menjadi perusahaan pertama yang membuat printer inkjet berwarna untuk berkolaborasi dengan dunia kamera digital.

Kodak DC 40
Kodak DC 40 - Credit

Berkat perkembangan teknologi digital ini, Creators bisa menikmati kamera digital yang telah beredar dimana–mana pada masa sekarang.
Tags: , , , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

0 komentar:

Post a Comment

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com