Tuesday, January 20, 2015

Menentukan Kamera untuk Video Blog

Share & Comment
Menentukan Kamera untuk Video Blog
Credit

Creators sudah menentukan jenis video blog yang mau Creators buat? Kalau masih bingung baca dulu artikel sebelumnya Jenis-jenis Video Blog. Nah, kalau sudah tahu mau bikin video blog jenis yang mana, sekarang Creators harus menentukan kamera yang akan dipakai untuk membuatnya.

Pemilihan kamera sangat berpengaruh pada efek dramatis serta menentukan kualitas akhir video Creators. Apa saja sih yang harus Creators perhatikan dalam memilih kamera?


Pertama, jenis video apa yang hendak Creators buat. Contohnya, Creators mau membuat video diary, dengan menggunakan webcam atau kamera ponsel saja sudah cukup. Tetapi kalau Creators mau membuat video cerita bersambung, Creators membutuhkan kamera yang lebih baik dari webcam.

Kedua, perhatikan kenyamanan, fleksibilitas serta fitur yang ditawarkan suatu kamera. Creators harus nyaman menggunakan kamera tersebut bukan malah kerepotan.

Ketiga, tujuan pembuatan video. Kalau Creators hanya ingin menempatkan video dalam situs blog saja, kamera dengan resolusi dan ukuran gambar medium saja sudah cukup. Namun jika Creators mempunyai keinginan untuk mempublikasikan video tidak saja di internet, Creators membutuhkan kamera yang lebih baik demi menghasilkan kualitas yang lebih profesional.

Keempat, menyesuaikan anggaran yang Creators miliki untuk menyediakan kamera. Jika memang Creators bisa membuat video dengan alat seadanya tidak perlu memaksakan diri membeli kamera mahal. Atau Creators bisa menyewa kamera ketimbang membelinya.

Berikut ini jenis-jenis kamera yang bisa menjadi pertimbangan Creators:

Webcam
Web Camera atau webcam adalah kamera yang penggunaannya memang diperuntukkan untuk berbagai gambar bergerak secara langsung melalui website atau internet.

Kelebihan webcam adalah harganya murah, mudah diperoleh, dan mudah dioperasikan. Webcam ada yang telah dirakit menjadi satu dengan laptop Creators, atau yang terpisah.
Webcam terpisah
Webcam terpisah - Credit
Webcam yang menyatu dengan laptop
Webcam yang menyatu dengan laptop - Credit

Kekurangan webcam adalah kualitas video yang dihasilkan rendah, resolusinya tidak terlalu besar karena menggunakan lensa kecil dan berbahan plastic yang memicu timbulnya distorsi pada gambar. Selain itu, webcam kurang fleksibel sehingga hanya dapat menghasilkan satu atau dua angle atau posisi gambar.

Kamera Ponsel
Kamera ponsel mungkin salah satu jenis kamera yang paling praktis Creators gunakan dan selalu Creators bawa ke mana-mana karena terintegrasi dengan ponsel.

Kamera ponsel
Kamera ponsel - Credit

Kelebihan kamera ponsel adalah Creators dapat mengambil gambar dengan sangat fleksibel dan dengan berbagai angle. Jika Creators ingin membuat jenis video candid, kamera ponsel sudah sangat tepat karena keberadaannya dapat tersamarkan oleh ponselnya sendiri.

Kekurangan kamera ponsel adalah gambar yang dihasilkan bisa mengalami banyak guncangan karena bisa jadi Creators memegangnya dengan satu tangan. Kamera ponsel juga memliki keterbatasan kapasitas memori sehingga Creators tidak dapat membuat video yang terlalu panjang. Dari segi resolusi gambar dan pencahayaannya rendah. Namun bisa disiasati dengan Creators membeli memory card, lensa, dan flash terpisah.

Lensa tambahan
Lensa tambahan - Credit

Kamera Video
Pada umumnya kamera video dibagi menjadi dua kategori, yaitu kamera video consumer dan prosumer. Kamera video consumer adalah kamera video yang biasanya digunakan untuk tujuan hobi atau dokumentasi keluarga. Sedangkan kamera video prosumer adalah jenis kamera yang lebih professional dan digunakan untuk tujuan pekerjaan atau komersil.

Handycam
Handycam - Credit

Dewasa ini, merekam video bisa menggunakan kamera foto DSLR. Tentang merekam video melalui kamera foto DLSR akan Epic bahas terpisah.

Kamera DSLR
Kamera DSLR - Credit

Ada beberapa unsur dalam kamera video yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pertama, unsur ketajaman dalam kamera. Berdasarkan unsur ini, terdapat dua golongan kamera yaitu standard definition dan high definition. Kamera standard definition memiliki ukuran gambar 720 x 480 pixels, sedangkan kamera high definition memiliki ukuran gambar berkisar 1280 x 720 pixels atau 1920 x 1080 pixels. Kamera high definition dapat menampilkan gambar yang lebih realistis. Namun jika untuk membuat video untuk ditempatkan dalam internet, maka ukuran gambar 720 x 480 pixels saja sudah cukup.

Kedua, format akhir yang dihasilkan oleh kamera video. Format ini nantinya berhubungan dengan proses pengeditan dan tujuan akhir dari penempatan video. Format akhir dari kamera video seperti DV, HDV, AVCHD, dan lain-lain. Di antara sekian banyak format, Creators bisa memilih format DV. Hasilnya lumayan bagus dan ukurannya tidak terlalu besar, cocok untuk ditempatkan di situs video blog. Selain itu, hampir semua program video editing dapat memproses format ini. Ukuran file kasarnya pun tidak akan memenuhi harddisk komputer Creators.

Ketiga, unsur sensor image dalam kamera. Ada dua jenis sensor image, yaitu Single-Chip dan Three-Chip. Sensor single-chip umumnya terdapat dalam kamera consumer, di mana seluruh spektrum warna (merah, hijau, biru) ditangkap secara bersamaan. Sedangkan sensor three-chip banyak terdapat di dalam kamera prosumer, di mana setiap warna ditangkap dengan satu sensor secara terpisah sehingga menghasilkan gambar dengan warna yang lebih tajam.

Keempat, tersedianya fitur tambahan. Misalnya, terdapat colokan microphone dan headphone, kedua alat terssebut menunjang pembuatan video untuk menghasilkan kualitas audio yang lebih baik. Fitur lain yang tak kalah penting adalah ketersediaan fungsi pengaturan manual terhadap kecepatan bidik, lensa, dan aperture (lubang cahaya iris).


Jadi Creators mau pilih kamera video yang mana?

*Sumber: Buku Teknik Cepat Membuat Video Blog - Jubilee Enterprise
Tags: , , , , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

0 komentar:

Post a Comment

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com