Friday, January 9, 2015

Film Kamera

Share & Comment
Film Kamera
Credit

Selamat tahun baru Creators, semoga tahun ini menjadi tahun yang menyenangkan buat kita semua. Tahun ini pasti lebih semangat dong belajar fotografinya? ^_^

Artikel Epic yang terakhir membahas mengenai kamera lubang jarum, kali ini Epic akan menguraikan jenis kamera lain yaitu kamera film. Sebenarnya sih kamera film ini sama-sama saja cara kerjanya seperti kamera lubang jarum, namun kamera ini menggunakan roll film.


Film Kamera
Credit

Film yang digunakan didalam fotografi merupakan material reaktif yang merekam gambar ketika dipaparkan cahaya. Biasanya film ini disimpan di dalam kamera yang mana intensitas cahaya yang menyentuh film ini diatur oleh lensa. Kombinasi dari shutter speed dan film speed (tergantung dari bahan reaktif film tersebut) yang mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk. Roll film harus dikembangkan melalui beberapa langkah proses kimiawi untuk untuk menjadi sebuah gambar yang dapat dilihat. Elemen dalam proses tersebut adalah kamera, jenis lensa yang digunakan, jenis film, dan juga bahan-bahan kimia yang digunakan saat proses pengembangan foto, proses pencetakan, dan jenis kertas yang digunakan memberikan kontribusi terhadap ketajaman gambar yang dihasilkan.


Johann Henrich Schulze
Credit

Film pertama kali ditemukan di lab kimia pada tahun 1727 oleh Johann Henrich Schulze seorang doktor asal Jerman. Ia mencampur kapur, perak, dan asam nitrat ke dalam botol reaksi yang membuat campuran tersebut berubah warna dari putih ke ungu saat terkena cahaya matahari ketika Ia memberikan label kepada campuran tersebut. Nampak label tersebut tercetak ke dalam campuran setelah terkena cahaya. 

Walaupun penemuan ini menandakan lahirnya fotografi akan tetapi tidak digunakan hingga 100 tahun ke depan. Hingga pada tahun 1839 Louis Daguerre, seorang pelukis asal perancis melakukan proses fotografi dimana Ia menyimpan iodine cair di atas wadah tembaga berlapis perak dan diekspos kepada cahaya. Iodine cair merupakan emulsinya, atau cairan kimia peka cahaya, dan wadah tembaga merupakan dasar dari fotografi yang disebut daguerreotypes. Seorang penemu asal amerika Samuel FB Morse mempelajadi seni dari daguerrotypes dan mengajarkan hal tersebut kepada Matthew Brady. Matthew Brady membuat gambar tentang perang saudara yang kemudian gambar tersebut disimpan sebagai bukti sejarah dan artistikal landmark dalam fotografi.

Film Kamera
Credit

Film yang mulai marak digunakan setelah itu terdiri dari emulsi dan bahan pembentuk film itu sendiri yaitu cartridge dan pelindung luar. Bahan dasar yang digunakan dalam membuat emulsi tersebut adalah perak, asam nitrat, dan gelatin. Dasarnya terdiri dari selulosa dan campuran cairan tebal yang biasa disebut sebagai “dope”. Film ada yamg disimpan ke dalam sejenis kaset/ roll (umumnya 35m). Ada juga film dalam ukuran lain seperti film polaroid yang pada umumnya harus dikemas untuk melindunginya dari cahaya, panas, dan udara.
Tags: , , ,

Written by Epic Creative House

Epic Creative House adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kreatif, seperti video, foto, desain grafis, dan event organizer.

0 komentar:

Post a Comment

 

Photo & Video Documentation

Photo Booth

Photo Booth photo Photo-Booth.png

Recent Posts

Why Choosing EPIC?

We are trustworthy, creative, innovative, and dynamic
Copyright © Epic Creative House | Designed by Templateism.com